Manfaat Minum Kopi

Hampir semua orang di dunia, termasuk Indonesia mengenal minuman kopi. Kopi menjadi minuman favorit banyak orang Indonesia. Di manapun dan kapan pun, pagi siang malam banyak orang yang menjadikan kopi sebagai teman sehari-hari, dan sering menjadi bagian dari ritus keseharian kita. Saat menerima tamu, kopi juga tak jarang menjadi suguhan utama. Selama ini, kopi jarang diidentikkan dengan minuman sehat, bahkan sering diidentikan sebagai pemicu lambung perih dan beraneka gangguan kesehatan lainnya. Namun, tahukah Anda ada 7 fakta mengejutkan tentang kopi yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Mencegah Depresi
Banyak yang bilang  minuman kopi bisa meningkatkan semangat. Namun, kini ada fakta ilmiah yang bisa membuktikan hal itu. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dan dipublikasikan di Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa para wanita yang mengonsumsi kopi berkafein secara teratur memiliki resiko depresi 20 persen lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak pernah meminum kopi. Penelitian yang diikuti oleh sekelompok wanita selama 10 tahun ini menemukan fakta bahwa semakin banyak kita mengkonsumsi kopi (hingga enam cangkir per hari), dapat mencegah dari gangguan depresi.

2. Membuat tubuh lebih sehat dan bugar
Minum kopi setelah makan bukan sekadar kebiasaan yang bisa membuat kita jadi rileks. “Minum kopi sesudah makan, membuat tubuh kita memproses makanan yang diasup tersebut secara lebih lambat,” terang Chris Kilham, seorang peneliti kedokteran, pendiri Medicine Hunter, Inc. dan penulis buku Psyche Delicacies. Menurut David Levitsky, Ph.D., seorang profesor ilmu gizi Cornell University, “Kafein menurunkan tingkat pemrosesan makanan saat perut menurunkan isinya ke duodenum, bagian dari usus halus di mana perncernaan terjadi, serta meningkatkan metabolisme tubuh.” Namun, ingat cara kerjanya bukan seperti mujizat. Minum kopi tidak membuat Anda kurus atau berat badan turun, hanya membantu Anda mencapai berat badan yang sehat dan bugar.

3. Awet muda
Tahu tidak minum kopi secara teratur dan dalam dosis yang sesuai bisa memberikan efek “Fountain of Youth” alias awet muda? Memang kedengarannya berlebihan, akan tetapi kopi dapat memberikan efek yang sedikit mendekati dari “Fountain of Youth”. Beberapa penelitian menunjukkan, individu yang mengonsumsi kopi secara teratur sekitar 4-5 gelas per hari terjadi penurunan risiko kematian sekitar 20 persen. Selain itu, kopi mengandung antioksidan yang cukup kuat, membuat kulit kita jadi sehat dan terhindar dari pembengkakan serta peradangan kulit. Jadi, tidak salah 100 % kalau dikatakan minum kopi itu “Fountain of Youth”. Apalagi setelah minum kopi Anda akan terasa kembali muda.

4. Menurunkan resiko kanker
Menurut penelitian, konsumsi kopi bisa menurunkan resiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, serta mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum kopi setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari bisa menurunkan risiko timbulnya kanker payudara bagi para wanita. Namun, konsumsi kopi secara rutin tidak hanya memberikan manfaat dan keuntungan pada wanita saja. Sebuah studi yang baru-baru ini keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi juga menurunkan resiko kanker prostat bagi para pria.

5. Meningkatkan kecerdasan dan semangat kerja
Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan senyawa psikoaktif yang bersifat stimulan serta mampu meningkatkan semangat dan daya kerja. Selain meningkatkan semangat kerja, minum kopi di pagi hari setelah sarapan pagi juga mampu meningkatkan kinerja otak, dengan kata lain membuat kalian “lebih cerdas”. Saat meminum kopi di pagi hari, kafein dalam kopi akan masuk ke dalam pembuluh darah kemudian mengalir ke dalam otak. Kafein yang masuk ke dalam otak, akan menghalangi kerja adenosin. Adenosin adalah senyawa neurotransmitter inhibitor. Saat hal tersebut terjadi, produksi neutrotransmitter lainnya seperti dopamin dan norepinephrin meningkat. Peningkatan kedua neutrotransmitter ini mampu meningkatkan kinerja sel-sel saraf (neuron) dalam otak.

6. Kopi tidak membuat kecanduan
Banyak orang mengatakan kopi mengandung kafein yang bisa membuat siapa saja yang meminumnya kecanduan. Menurut penjelasan Liz Applegate, Ph.D, staf pengajar dan Direktur Gizi Olah Raga di University of California di Davis, kafein tidak bersifat adiktif. “Kafein adalah stimulan pikiran dan World Health Organization (Organisasi Kesehatan Dunia) menyatakan bahwa membandingkan tindakan mengasup kafein dan obat-obatan adalah tindakan keliru karena orang dapat mengurangi asupan kafein tanpa mengalami masalah psikologis dan fisik serius yang biasa terjadi pada kasus kecanduan obat,”jelasnya.

7.  Meningkatkan kesuburan pria
Manfaat lain dari kopi yang tidak banyak diketahui oleh orang adalah meningkatkan kesuburan seorang pria. “Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein berdampak positif terhadap motilitas sperma, kemampuan sperma untuk bergerak ke arah sel telur, serta bisa meningkatkan peluang terjadinya kehamilan,” kata John Wilcox, MD, FACOG, endokrinologis reproduksi di HRC Fertility, California. Bahkan, sebuah penelitian lain yang dilakukan di University of Sao Paulo menemukan fakta bahwa motilitas sperma pria peminum kopi tercatat jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak suka meminum kopi.

PT. MOMEN GLOBAL INTERNASIONAL juga memiliki produk unggulan yang bernama Moment Coffee. Bagi pecinta kopi, ini adalah salah satu minuman kopi terbaik. Selain rasa dan aromanya, Moment Coffee juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita. Moment Coffee juga sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja karena tidak mengandung BKO (Bahan Kimia Obat) dan terbuat dari herbal serta manfaatnya akan terasa saat diminum secara teratur 2-3 sachet sehari.

 

Fakta dari Kopi:
1. The European Food Safety Authority (EFSA) telah menyimpulkan bahwa konsumsi 75 mg caffeine (jumlah yang biasanya terdapat pada satu cangkir kopi) dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan dan konsentrasi. Beberapa studi menyebutkan bahwa caffein juga bisa meningkatkan kapasitas memori (ingatan) dan kemampuan kognisi seseorang. Selain itu, studi yang dilakukan oleh Warburton tahun 1995 menemukan bahwa caffeine juga bisa memperbaiki mood sehingga seseorang bisa menjadi lebih bahagia, tenang, dan berpikiran jernih.

2. Steven Miller, neurosaintis dari Uniformed Services University of the Health Sciences, Maryland, menyarankan jika seseorang ingin mendapat efek maksimal dari kopi, disarankan untuk mengkonsumsinya antara pukul 09.30-11.30. Sebab, pada saat itu pengaruh kopi dinilai paling efektif, karena kadar hormon kortisol sedang rendah. Tapi perlu diketahui, kadar kortisol pada setiap orang bisa berbeda-beda waktunya. Ini berarti bahwa waktu terbaik minum kopi bagi setiap orang juga bisa berbeda-beda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *